Second Day – Acara Pagi

Talk Show WW dengan 2 Dubes

Hari jum’at 18 November adalah hari terakhir pelaksanaan conference. Sessi pagi diisi dengan talk show 2 Duta Besar yang dipandu BB WW.

BB WW yang setiap penampilan menggenakan batik, pagi itupun tampil dengan batik merah bata dipadu celana dark abu-abu terlihat cerah memandu percakapan antara Dubes Australia untuk Indonesia Bill Farmer dan Dubes Indonesia untuk Australia Hamzah Thayeb.

Sebelumnya Collin Brown seperti biasa membuka acara dan memperkenalkan kembali BB WW dan juga kedua Duta Besar.

Pembicaraan menarik diawali dengan pertanyaan untuk Dubes Bill Farmer tentang pandangannya mengenai Indonesia. Dilanjutkan dengan tanggapan Dubes Hamzah Thayeb mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah Australia dan juga mengenai hubungan Australia Indonesia.

Perbincangan ini sangat memancing perhatian dari peserta conference, mereka dengan seksama menyimak setiap informasi mengenai kebijakan pemerintah Indonesia dan juga Australia dari kedua Duta Besar. Topiknya yang banyak dipertanyakan adalah masalah Papua.

Tidak terasa percakapan yang seharusnya berlangsung 1 jam telah berjalan 1.5 jam. Karena waktu yang mendesak akhirnya sessi Tanya jawab dengan peserta dibatasi hanya 2 pertanyaan. 

Rundle Mall

Agar dapat meluangkan waktu melihat suasana perbelanjaan Adelaide, BB WW menyampaikan rencana yang jitu di tengah ketatnya waktu conference. Setelah BB WW memandu talkshow jam 09.30 am kami langsung turun ke lobby hotel dan bersiap menuju halte bis yang akan mengantar kami ke pusat perbelanjaan Adelaide Rundle Mall.

Di Lobby kami bertemu dengan Hardi seorang mahasiswa Indonesia yang sedang belanjar di Adelaide. Hardi dengan baik hati mengantarkan kami menunjukan bis yang melewati Rundle Mall, bahkan mengantarkan kami sampai halte pemberhentian Bis. Hardi malah berjanji akan mengantarkan kami sightseeing Adelaide jam 02.00 pm.

Wah …….  bisnya enak gratis lagi
Australia memang sangat memperhatikan fasilitas untuk disable. Sehingga dengan mudah bisa memasukan wheelchair kedalam bis. Didalam bis juga terdapat informasi kota dan juga map yang lengkap dengan jurusan dan pemberhentian bis.

Ternyata Rundhel Mall tidak jauh dari Hilton tempat kami menginap.  Kami turun dan berjalan menuju Rundle Street . Tepat di depan Rundhell Mall adalah toko Target yang terkenal murah dan ada di setiap kota di Australia.

Karena pagi itu kami belum sarapan, kami mampir di sebuah outlet fast food  (Burger King). Kami memesan menu sarapan yang ada. Saya sendiri agar dapat makan dengan aman saya memilih memesan waffle.

Selanjutnya kami menyebrang jalan untuk menuju Toko Target. BB WW sudah merencanakan membeli beberapa pakaian dan celana dengan size big. Sementara saya dan EI  menyebrang jalan menuju Rundle Mall. Kami berjanji untuk bertemu di ujung Rundle Mall tepat jam 12.00 pm kembali ke hotel dan mengikuti sessi ke 3 dengan pembicaraan Sri Mulyani Indrawati.

Waktu menunjukan jam 10.30 am ketika kami memulai petualangan di Rundle Mall. Kami memperhatikan setiap toko dan melihat pertokoan yang nyaman. Agar waktu yang sempit dapat dipergunakan dengan baik. Saya dan EI memilih masuk ke sebuah toko yang komplit menjual pernak pernik.

Kurs mata uang $ Australia terhadap Rupiah Indoesia lumayan gede juga 1 Aus$  = 7075, sehingga kami (Terlebih saya) benar-benar memperhatikan harga setiap barang maklum budget terbatas ….. :))

UUUUH …. Ternyata membeli barang di luar negeri, better cari yang bermerek aja  sekalian, abis kalau yang biasa, semuanya made in China.

WW sudah berganti pakaian dengan baju garis-garis biru yang dibelinya di Target ketika Jam 12.00 tepat kami  berkumpul di ujung Rundle Mall,  untuk bersiap menuju hotel. Karena lama menunggu bis 94 C yang menuju Hilton. BB WW berinisiatif memanggil taxi agar tidak terlambat sampai di hotel.

Sesampai di hotel dengan bergegas kami masuk dengan wheelchair yang diisi dengan barang belanjaan, sementara  BB WW sendiri berjalan perlahan dengan berpegang pada pundak EI. Ketika kami sampai di depan lift, …eit terdengat seseorang memanggil WW, …. Wah ternyta pak Anggito yang juga staff ahli Menkeu menghampiri WW dan mengajak WW bergabung dengan rombongan  ibu Sri Mulyani. Hadir juga Mas Dede Basri yang juga staff khusus Menkeu.

WW dan EI menuju ke Lobby hotel untuk bergabung dengan rombongan ibu Sri Mulyani, sementara saya menuju kamar untuk meletakkan belanjaan. Kemudian sayapun menuju Lobby menunggu WW sambil berbincang dengan sekretaris Dubes Mbak Linda.

Luncheon Meeting

Ibu Sri Mulyani yang akan menjadi pembicara di Luncheon Meeting menuju ke Room B tempat acara berlangsung, sementara WW berpamitan untuk berganti pakaian (hehehe … WW masih dengan kemeja santai yang dibeli di Target). Setelah WW siap dengan pakaian batik, kamipun menuju room B untuk bergabung dengan peserta conference.

Ibu Sri Mulyani memyampaikan penjelasannya mengenai kondisi ekonomi  Indonesia juga menjelaskan kesempatan investasi untuk para investor Australia menanamkan modalnya di Indonesia.

Wah … Ibu Sri Mulyani juga menyebut-nyebut WW sebagai teman lama yang sangat loyal dan sangat memperhatikan kondisi masyarakat Indonesia ( ceileeee, keren eeeuy WW ….. dipuji SMI nih)

Ibu Sri Mulyani memang smart dan jenius bo …., bahasa Inggeris yang baik serta otak yang brilliant membuat dia terlihat enjoy menyampaikan presentasinya yang serius diselingi dengan joke-joke dan cerita yang menarik.

Luncheon meeting berakhir pada jam 02.30 pm. Kami bersiap untuk sightseeing view Adelaide bersama Hardi.

Hardi sangat senang menemani kami, dia sangat salut & senang pada WW, karena WW dengan ramah ramah menyambutnya ketika dia menyapa dan memperkenalkan diri. Menurutnya beberapa kali dia bertemu dengan pejabat Indonesia,  ketika disapa dan diajak bersalaman, tangan sang pejabat hanya menyenggol saja, tidak ada kesan bersahabat sama sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: