S u K a B u M i

Tahu nggak kota Sukabumi?
deket bogor, terkenalnya sih Pelabuhan Ratu.                  
Ada yang menarik?
Aaah biasa saja bagi sebagian orang. Tapi buat gw … nilai historisnya tinggi bo… Gimana nggak gw lahir di dan gede di kota itu, kedua orang tua disana juga, paman & bibi banyak disana juga. Pastinya tujuan utama mudik lebaran adalah Sukabumi.

Sekarang Sukabumi dah rame banget, banyak tempat belanja (supermarketlah …. kalo dibilang mall nanti pada ngiranya kaya PI, PS gitu lagi … :)) Cuma sayang nggak ada ’bioskopnya’-nya. Zaman dulu banyak bioskop yang jadul ada kelas 1 yang duduk di atas dan kelas 2 dibarisan depan.  Sebutlah ada bioskop ’Gelora’ (seringnya muter film oma irama & selalu pueenuuuh banget), ada bioskop ’Indra’ (ini mah filmnya rada suka bagusan sering film 007 zaman Roger Moore),  bioskop ’Royal’ (biasanya film oma irama plus warkop), ’Nusantara’ (specialis Amita Bacan alias India), ’Sukabumi Theatre’ (film anak-anak  Cinderella, Pinokia disitulah nontonnya), ’Capitol Plaza’ (ini sih lebih umum … ).

Satu demi satu bioskop itu beguguran.  Abis itu,  muncul pusat-pusat belanja diawali Puja Sera, tapi nggak tahu kenapa sepi dan akhirnya tutup. Di Capitol juga pernah ada dept store, Cuma bertahan setahun sepi, trus tutup juga. Ada  King supermarket, gw pikir bakalan lama ….  eeeh ternyata tutup juga (tempatnya sekarang disewain buat resepsi kawinan)

Masuk juga  raksasa dept store (saat itu)  Ramayana  dept store.  Lumayan rame karena komplit (one stop shopping gitu deh …) diatasnya ada supermarket Hero, food court, trus ada juga ’21’-nya. Untuk Sementara Ramayana menjadi tempat nongkrong anak-anak sukabumi yang mau nonton, belanja dsb. Cuma sayang, letaknya deket pasar, aksesnya lumayan agak susah (macet deesbe deh)  kecuali yang buat yang datang dari ujung-ujung Sukabumi (kebeneran akhir pemberhentian angkot adalah didepan Ramayana).

Trus berdirilah Yogya Dept store, nah kalo ini mah ngota, letaknya deket alun-alun, aksesnya gampang dsb. Setelah ada Yogya, Ramaya berangsur sepi … hiks 21-nya tutup deh. Hero  pindah gedung ke kota (deket Yogya).

 Setelah itu  berturut2 berdiri matahari, trus toko2 kelas menengah (bukan kelas dept sote maksudnya), Gedung Hero yang ada M’D, Dunkin dsb, trus supermall yang  ada superindo, toko buku  apa gitu dan pedagang2 lainnya.

Tahun ini ada 2 dept store lagi yang berdiri Tiara dan Selamat …. uiiiih, Ngga heran kalau malam minggu (apalagi awal bulan) tuh orang bejibun di pusat2 perbelanjaan. Apalagi menjelang lebaran kaya gini ….. ngga kalah deh sama musim haji di mekkah (hiperbola biar keliatan seru …. hihihihihi)

Awal bulan kemarin gw sama ponakan Yasmine  & si kecil Balya keliling-keliling kota Sukabumi naik becak. Berangkat dari rumah jam 8 pagi. Ya Ammmmpiyuuun … itu yang namanya orang nunguin mall buka … (hiperbola lagi nih …. udah kaya ngantri kereta di gambir  mo mudik)

Tips untuk orang Sukabumi yang mau jalan-jalan saat deket-deket lebaran nih  …. jangan ke pusat kota pake bawa mobil segala, udah nggak ada tempat parkir jalannya juga susah beeng …. mending naik beca sambil mejeng and ngusirin yang ngalingin jalan

(Penumpang becak : misi teh, kang, …. (pejalan kaki sambil lirik kagum .. mangga neng …. heuheuheuy) )

Trus tips nukadua, kalau kekurangan garem di rumah nggak usah lari ke supermarket, mending cari ke warung mang ujo yang deket rumah aja. Supermarketmah …. uuuuh antriannya panjang pisan.

MAKANAN ENAK DI SUKABUMI

Sukabumi juga termasuk kota yang disebut-sebut enak makanannya, yang terkenal sih pepesnya …. katanya orang2 ikannya itu lho … gurih.

Terus untuk yang bisa dibawa pulang,  ada moci …. lumayan banyak dikenal orang, sekarang ini di Jl. Kaswari ada pembuat moci sekalian dengan toko kue jajanan sukabumi ada Noga (tingting kacang), sale pisang, dodol dsb.

Ada juga aneka kripik SEHI, lumayan … (gw aja bawa ke kantor pada ketagihan ….) yang enak kripik singkongnya … nggak kalah deh sama kusuka yang disupermarket.

Trus kalo jajanan, ada bakso Mang Ja’i, dari zaman gw SD sampe sekarang  gw dah 36 tahun,  tuh bakso masih enak dan masih terkenal. Hehehe inget bakso Jai,  jadi inget zaman SD, anaknya si mang Jai  sekelas & segeng sama gw di madrasah  (sekolah agama sore). Pastinya … gw pulang sekolah jam 4,  gw selalu ngajak dia untuk makan gratis … (saat itu  .. anak sd mana sanggup beli bakso Jai … hihihihi).

Ada lagi sate sapi … itu satu-satunya sate yang bermadhab  sapi (hihihi yang lainnya aliran kambing bo…, (dan secara ….  kita sekeluarga nggak suka kambing gitu). Sate ini adanya cuma malem doang  di sekitar Jl. A. Yani

Ada juga Bandrek, Bajigur dan Rarawuan ’Mang Hasan’. Tahu nggak Rarawuan itu apa ? dia itu masuk spesies gorengan yang terbuat dari tepung plus kacang merah kecil,  pake kelapa. Bandreknya pale kelapa muda gitu …. ini juga dah ada dari zaman gw kecil. Tongkrongan ini adanya malem, tempatnya  di sekitar Jl.  A yani juga (Deket toko Maribaya) .

Kalo siang-siang pengen Lotek atau rujak uleg, cari aja di sekitar Jl. A.Yani (juga)  toko Rido. Nah .. didepan toko Rido itu ada yg jualan Lotek & rujak yang enak …. Wah sekelas  Desi Ratnasari aja suka beli disitu deh ….

Trus yang perlu dicoba juga adalah PASTEL & BALABALA (Balabala teh kata orang jakarta mah Bakwan). Makannya pake sambel kacang … uiih makyosss, uenaaak tenan. Cuma ini mah harus pesen ….. kita sebut Balabala  ’Nugraha’. Si bu Ani yang bikinnya. Dia ini belum punya counter sendiri (kalo bulan puasa gini sih bisa dibeli didepan Gg. Nugraha Jl. A. Yani). Sumpah pastel & balabalanya-nya enak banget (sambelnya itu lho..). Mesti kudu dicoba deh …. harganya bisa 3x  lipetnya murahnya dari pastel ma cik, walau begitu rasanya eeeh mmm.. Nih kalo mo pesen ke no. ini aja 0856-59439781.

Aduh …. Makanan apa lagi ya yang bisa disharing ….. ahaaa.. ’Catering’ ibu gw kali ya …. kali aja ada yg mo hajatan di Sukabumi … (hehehehe teuteup ..) 

64 Comments

  1. ado said,

    October 3, 2007 at 6:12 am

    kapan2 pengen muter2 di sukabumi naek motor deh. kyknya asik🙂

  2. Wete said,

    October 3, 2007 at 9:30 am

    naik motor asyik juga, banyak jalan baru yang masuk perkampungan gitu ….uiiih … naik turun dan berliuk2 …

  3. iyang . . . said,

    October 3, 2007 at 10:41 am

    Ya Allah . . .

    Tangteuh qw yg plg aneh se-dunya !
    Promosinya gak kurang banyak yawh ?

    Comment dari si ibu

    Kok lotek ny g d tulis tempat nyah ?

    Sekian dari keponakan mu yang paling cantik se-dunia ini

    Wass.Wr.Wb

  4. Wete said,

    October 4, 2007 at 1:35 am

    lotek ?? .. hehehe … kan udah ada lotek di jl. A. Yani depan Toko Rido …

  5. firsa nu geulis said,

    October 13, 2007 at 8:25 am

    bibiku yg geuleuh!

    emg sh, bala2 n pastelnya gang nugraha emg mak nyoZ!

    see ya kuliner brikutnya!hhah.

  6. lena said,

    October 24, 2007 at 8:29 am

    Kayanya ane jatuh cinta juga tuh sama kota Sukabumi, padahal ane baru satu kali nginjekin kaki di sana (itu juga cuma beberapa jam waktu kawinan adik ente di Sukabumi).

  7. Wete said,

    October 25, 2007 at 2:09 am

    Bu lence … nanti lagi kita jalan2 bareng aja yuuu, berkuliner di Sukabumi …🙂

  8. de-es said,

    October 25, 2007 at 4:22 am

    enaknya yang punya kampung deket,bisa setiap saat pulang, dan mengingat masa masa kecil yang indah

  9. rivan said,

    November 1, 2007 at 2:29 am

    Ada Batagor ‘Mang Udin’ yang uuuueeeeennaaaakkk bgt di Sukabumi
    Letak nya persis di sebelah Baso Mang Ja’i

  10. wete said,

    November 20, 2007 at 12:08 pm

    Iya bener …. Batagor … yummy … thx dah ingetin dan mampir ke blog aku

    ada lagi yang punya referensi makanan enak … sharing dong ….

  11. hendra said,

    November 25, 2007 at 11:25 am

    jadi inget waktu skolah dulu, jaman kita2 sih malem minggu paling banter nongkrong di capitol kalo ga di emperan shoping. jauh banget sama sekarang. btw smp/sma mana dulunya?

  12. wete said,

    November 30, 2007 at 9:50 am

    bener banget … gw paling seneng tuh nonton di indra secara dia dulu yang film-nya rada keren …

    gw dulu sd-nya di SDL trus ke SMP 2 … abis gitu SMA gw ke asrama deh di Jakarta.

  13. rudi said,

    December 12, 2007 at 1:18 pm

    sukabumi sekalian dibahas dong tempat game onlinenya……..saya sih sering main internet di si cepot, di gedung capitol palaza sukabumi………dari dulu capitol tempat main saya, karena letaknya dekat dengan rumah dan sampai sekarang juga lumayan rame, selain game online, browsing/chating, di atas bisa fitnes, main bilyar, karaoke lounge/room, mainan mandi bola yg lumayan besar dan nga ketinggalan counter HP…….. selain disekelilingnya juga banyak pusat jajanan/makanan……seperti bakmi, pecel lele, petis, bubur, cakwe, dll…………

  14. MUSLIHAT said,

    December 12, 2007 at 6:41 pm

    GUE JUGA ORANG SUKABUMI ASLI PELAUHAN RATU DESA CIKELAT,
    MET KENAL YACH @@@@

  15. wete said,

    December 13, 2007 at 7:25 am

    Thx kang Rudi & kang Muslihat yang udah mampir ke blog ini …

    Wah kalo cerita Sukabumi emang bener2 kota kecil yang menyenangkan. punten kang rudi, saya teh tidak terlalu mendalami tempat2 gameonline …, saya mah kalau main2 internet selalu di samping rumah di kebonjati ‘Edelweiss’
    hehehe jadi ke capitol asli jalan2 doang ….

    boleh dong sumbangin cerita sukabumi sisi lainnya ….

  16. rudi said,

    December 14, 2007 at 2:39 pm

    kalau di sukabumi main aja ke capitol…….udah rame lagi lho…..ada si cepot tempat main game dan internetan yg lumayan cepet, tukang makanan sepanjang jalam mayawati dan a yani, tempat fitnes, kios kios handphone, tempat main bilyar, karaoke hall dan room, hotel, mainan anak dan yg lagi ngetrend mandi bola buat mengasuh adik adikku ……emang sih saat ini belum ada supermarket lagi atau dept store di capitol ini…..mudah mudahan aja bentar lagi nongol ya itu supermarket, deptstore, dan bioskop lagi seperti dulu……..

  17. hendra said,

    December 30, 2007 at 7:54 am

    wah blog ceuceu janten rame oge.. bahas oge atuh ceu tentang sukabumi masa lalu.. abdi ge asa waraas kalo pulang ke sukabumi teh. mung hanjakal akses ka sukabumi via ciawi ayeuna mah macetttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt we unggal week end. cape dijalanna. betul ga ceu?

  18. wete said,

    January 3, 2008 at 2:08 am

    hatur nuhun kang hendra tos ngersakeun maca …🙂

    Perjalanan yang paling ngeselkeun adalah antara Ciawi sampe sukabumi. kapan cenah bade aya tol … tapi iraha atuh ??

  19. gyan said,

    January 5, 2008 at 6:38 am

    ngiringan nimbrung ah…..
    muhun satuju pisan upami perjalanan ciawi-sukabumi paling menjengkelkan…
    tp jangan kapok ya maen k sukabumi…
    tapi saya bangga jd org sukabumi, secara sukabumi itu kota kecil nan endah
    hehehehehehehehe………..
    salam kanggo k orang sukabumi

  20. Engkuh Aja said,

    January 7, 2008 at 1:31 pm

    Cewe sukabumi?………..
    Jangan ditanya atuh……..
    Geuliss pisannnnnnnnnnn…….
    Tuh liat Mama, bibi, adek…..Geulis sadayana…….
    ada yang mau??????????????????…
    sokk…kontak si anak Sagaranten…………..
    tanya atuh, kenal nggak sama si AJA……
    juragan gula……..

  21. gyan said,

    January 15, 2008 at 12:36 pm

    aa teh orang sagaranten???
    palih mana na?
    abdi oge sering pisan ameng k sagaranten…
    tp aduh jalana………
    tp klo liat cwenya… emmmmmh
    gareulis…
    hoyong d kenelkeun atuh kang.
    …………ahahaha………..
    ahahaha…………………….
    ……………haha………..
    hahahahaha…………….

  22. rangga said,

    January 19, 2008 at 9:31 am

    punteun abdi ngiring ngaramekeun

    enya ayeuna teh sukabumi teh makin rame
    tapi suasana na nyalira teu sa ramah 5 ato 6 taun kapengkeur
    ayeuna jalmina asa rada teu ramah deui

    rame ku rame na tapi katingalina gara gara eta sukabumi jenten kota matereleaastis anu teu enakeun dei

  23. aimee said,

    January 24, 2008 at 1:48 pm

    skrg ada tempat nongkrong tau,namanya dapur kaki d kaum kidul dkt ibu uti.sok atuh darateng..!!

  24. aimee said,

    January 24, 2008 at 1:53 pm

    om, skrg mah ning maming teh d dago pnuh ku bdk mobil…asa siga d bunderan ugm wae..hehehe..ah pokona majulah sukabumi!!!

  25. asep_espede said,

    February 14, 2008 at 8:45 am

    Gw skrg di bogor sjk 99, tp gw suka kangen bgt sukabumi jman dulu, bakso mang ja’i top abis
    dulu kalo plg ambil buku raport wktu sd n smp (sekolah di sdl n smpn 2 86-95)
    pasti makan bakso disitu n g lupa karoketnya tea.
    jgn lupa ibu soto di gerbang gang nugraha (abis potong rambut dkt masjid pancuran kembang … makan deh tu soto) eh sekarang msh ada g ya ?
    Ada yang punya foto sukabumi jaman dulu g? (espede_410@yahoo.co.id)

  26. wete said,

    February 18, 2008 at 11:48 am

    Hatur nuhun akang, teteh udah pada nimbrung didieu …

    Sukabumi selalu bikin kangen, tapi sayang sekarang jalan Ciawi-Cicurug tambah ancur eeeuy … bikin sedih … kapan atuh ya tolnya terealisasi ??? hiks

    Zaman sekarang kalau ke Sukabumi jangan lupa mampir ikutan senam di lapang merdeka abis itu belanja deh …. :))

  27. nunu said,

    February 27, 2008 at 8:35 am

    assalamu’alaikum wr.wb
    ngiringan ah…abdi ge asli orang sukabumi, tapi nuju ngumbara di padang
    memang lumayan pesat ramena, leresan, tiap kali uih aya we ‘mall’ nu enggal
    teu di kotana wungkul, ka arah2 sukaraja-cianjur ge ayeuna mah rame pisan toko pinggir jalan…sami siga sisi jalan sepanjang Cicurug-Cibadak..

    tapi gaya hidupna ge benten pisan… makin konsumtif, sok2 orang kota, sok2 orang barat, negative westernisasi-na kengeng pisan
    barudak teh tos siga orang jakarta wae, pami nyarios sunda ge paling bahasa-bahasa ragunan na nu kaluar
    bisa2 punah bahasa sunda, padahal pan raoseun pisan pami ngadangu bahasa sunda nu lemes
    anak SD ngarokok, anak SMP tos darandan
    aduuuh Nyaah…

    masalah tempat makan…s7 !!! seueur nu abdi terang, tapi aya oge nu heunteu
    Mang Jai, jaman sakola di SMP 2 kalangkungan unggal dinten… tapi teu kaduga ku kantong. kelasna anak MY he he he🙂
    insyaAlloh engkin dicobian pami uih deui

    Naon deui nyaa
    atos heula ah, dikantun
    wassalamu’alaikum wr.wb

  28. fajar said,

    March 25, 2008 at 11:13 am

    ass.wr.wb. Leres sukabumi teh tos rame pisan, sigana sapuluh taun kapayun urang kedah ngemut-ngemut upami jalan2 nyandak kandaraan ka kota. Sajabi ti eta sukabumi teh ayeuna jadi macet di jalan2 utama. Kumaha tah upami urang ngagalakkeun jalan kaki atanapi nganggo sapeda. Satuju?

  29. Habibie said,

    March 26, 2008 at 10:10 am

    aQu kan sKrag lg kul di IPB,, nah di IPB tuh aQu gk bosen2nya loch negbangga2in Sukabumi ke nak2 yang mNa mreka pde lom tau kota Sukabumi.. Tau nggak respon nak2 gMna pas aQu ajak ke Sukabumi???? ya Ampun,,,, Sukabumi duingin bgt,,,,,,,,,,,,,,,,,…………….. n katanya mojang2 Sukabumi manis2 uy, gk kalah saing ma mojang Kota Kembang….. Hwehe7………

  30. oten said,

    March 27, 2008 at 12:50 pm

    wew…gedingan loba budak sukabumi nu aya dijakarta teh..
    btw..aya nu kaluaran Blok M teu? alias belokan makam heuheuheuhu.
    ngaran aslina mah SMA 1 SUKARAJA ..
    oh loba numaen game online sanes? aya nu maen rf teu?

  31. widal said,

    April 14, 2008 at 9:52 am

    hidup sukabumi, hidup sukabumi, hidup sukabumi
    bibir dikulum liat umi, assalamualaikum orang sukabumi🙂

  32. luckyazzar said,

    April 24, 2008 at 6:45 am

    abdi sono pisan ameungan di ir juanda sok inget baheula keur di sma 4 naksir anak smp 1 namina lesty….hi…hi….

  33. UmanK said,

    April 25, 2008 at 8:04 am

    Btw, sy juga pernah di ke cisaat ma sepupu sy. Cuma sayang waktu kesana kita naik mobil umu alias ngecer. Alhasil gak bisa tuh ngerasain makanan yang disebutin diatas.
    Btw lagi, sy sih kadang mikir-mikir lagi kalo ke sukabumi, coz sya suka bingung. Bingung coz banyak bgt yang bodas-bodas euy!
    Kapan-kapan tuh pengen ke sukabumi. Touring naik motor bareng-bareng.Mo nyobain bandrek sm liat yang bodas-bodas. Kayaknya enak deh..

    Nice story..

  34. ujang said,

    April 25, 2008 at 8:42 am

    cobaan bro bandros ATA

  35. luckyazzar said,

    April 30, 2008 at 8:08 am

    abdi hoyong ameung ka sukabumi deui tos lami, manawi aya nu terang mie ayam anu enak di sukabumi ayeuna dimana ……?

  36. tojo_meiji said,

    May 10, 2008 at 4:36 pm

    AYA CARITA SAKEDIK…
    ABDI GE ORANG SUKABUMI..
    AYENA KULIAH DI DEPOK..
    TAH ARI KITU TEH AJARANG PULANG KA SUKABUMI…
    CENAHMAH SUKABUMI TOS MAJU TOS GADUH MOOL AGENG.,,,A
    EH PAS PULANG …KALERESAN AYA PAMENGAN,,SEMPATKEN AMENG KA MOOL
    KAGET ABDI….
    SI HORENG NU DISEBUT MOOL AGENG TEH NGAN KIYE WUNGKUL
    SECARA BIASA MUTER2 MOOL DEPOK N JKT YANG GEDE BANGET,,,
    TAPI ABDI PERCAYA SUKABUMI PASTI MAJULAH…
    AMIEN,,,,
    YU!!!!URANG KEMBANGKEN SUKABUMI….YU…..

  37. iwa kumincir said,

    June 8, 2008 at 2:55 pm

    ass.
    dulur-dulur sadaya, kota urang teh trotoarna tos sempit pisan, kumaha tah. tingal we jl. A. Yani, pasedek-sedek pisan. sanes diageungan trotoar teh malihan dialitan. kumaha tah?
    hatur nuhun.
    wass.

  38. aas said,

    June 10, 2008 at 6:46 am

    i love sukabumi

  39. Agah said,

    June 11, 2008 at 12:40 pm

    referensinya bagus..
    Hmm..

  40. adikhresna said,

    June 23, 2008 at 7:21 pm

    Permios Teh. Urang Sukabumi Nya’? Salam kenal ti tatanggi

  41. andy said,

    June 28, 2008 at 6:38 am

    gw jg org smi,tp tggl di palembang ,,,i luv u S M I ….

  42. R4Z (Ridwan Aziz) said,

    July 9, 2008 at 2:42 pm

    AO, saiya juga orang smi.
    Askum aja deh buat semuanya…..
    Hehehe…..

  43. cat said,

    July 11, 2008 at 5:56 am

    duh… ane pengen balik ke smi.. euy… kuangen bgt…

  44. bedur said,

    July 15, 2008 at 4:08 am

    abdi oge urang sukabumi nuju ngarantau di lampung ti taon 93 kapungkur uwih sataun 3 x tp ayeuna mah mung sataun 1x (mudik lebaran) sami gara2na jalanna ayeuna mah macetttttttt janten cape di jalan ari liburna sakeudik, mugi2 jalan tol ti ciawi ka smi geura janten. abdi alumni sman 1 smi thn 92 tinggalna di gg ajid II di pengkeur baso mang jai gitu…..

  45. rudi ti bdg said,

    July 15, 2008 at 4:47 am

    salam kenal…….

    kebetulan waktu SD saya sekolah di SDL udh tamat trus ngelanjutin di bdg, mama jg tinggal di sukabumi,jd pasti dong tiap lebaran sy mudik, cuma kadang kebanyakan sy bengong kalo ke smi, soalnya ngak ada temen tuh di sana….temen2 waktu sd kayaknya sy jg udh lupa tuh……alias kehilangan kontak semenjak aku pindah ke bdg……….kalo soal makanan smi memang jagonya tp hanya utk urusan mie………..mkn kesukaan sy kalo ke smi pasti aja beli mie engku…….di dpn bioskop mutiara (dulu)…….pulang ke bdg jg sy bawa buat oleh2 biarin dingin jg…….abis sdr2 pd pesen dibawain………(lanjut lain kali)thaks

  46. chaca said,

    July 16, 2008 at 4:03 am

    SMI I LOVE YOU DAH… TEU EUREUN

  47. chaca said,

    July 16, 2008 at 4:09 am

    EHH… DAH NYOBAIN BANDROS ATA BLUM?? TP ANTRI BO ! PENUHHHHHHHHH TRUS EUY…

  48. dedy eboy said,

    July 16, 2008 at 8:39 am

    Mun di Smi teh aya hotel nu rada lumayan teunya salain Taman Sari, maksud abdi mah nu murah sareng hade kitu tah kanggo amengan kaluwargi.

  49. dennyele said,

    July 26, 2008 at 12:17 am

    ie abdy warga asli sukabumi, namun lami linggih di DUBAI-United Arab Emirate.Leures pisan aby osok nyandak oleh-oleh teh Moaci.dina sanes waktos etamoaci teh ku abdi di bagikeun karerencangan anu lain bangsa diantarana:kang Braganza ti UK.Kang Mikewhell ti U.S.A ,sareng teh Richel ti Pilipino,teh Jennyfer ti Romania.tah eta rerencangan sapadamelan abdy teh sakitu raresepen pisan kana moaciteh.komo ari papacangan abdymah neng sharah(rusian) mani beki bogoh pisan ka kuringteh satos di paparin moaci ti sukabumi.tah kitu pangalaman abdy soal sukabumi.

  50. dennyele said,

    July 26, 2008 at 12:28 am

    aya hiji deui yeuh..
    upami emut kana lalakon kota sukabumi jaman baheula,cenahmah ada bioskop yang suka muter film india.padahal kuring didieu(dubai) rerencangan sapagawean teh india lolobana.da atuh anu namina Sahrulkhan mah tos teu birek deui di tempat padamelan abdy mah.
    Ok bayshaf Jaega tum Jaww.(india) haturnuhun..(sunda)

  51. Juarman said,

    September 8, 2008 at 1:39 am

    Ada satu tempat jajanan murah tapi enak di Sukabumi Batagor kuah di jalan Zaenal Zakse biasanya anak sekolah jajan di sini Mak nyuss deh

  52. zahidayat said,

    September 13, 2008 at 10:04 pm

    Kok yang komen di sini namanyanya said semua ya :))

  53. Arga Munggaran said,

    September 17, 2008 at 1:22 am

    Sukabumi Asyik !

  54. Mellan Nyiwrock said,

    September 18, 2008 at 11:55 am

    Sukabumi adalah kota cinta, dimana tiap pemuda dan pemudi nya fully w/ love. so join us di sukabumi niscaya sekeras apapun sifat dan sikap anda akan berubah menjadi sikap yang penuh cinta…..
    I love sukabumi
    karena itulah saya ingin anda belajar tentang cinta di sukabumi,
    ..duta cinta dari sukabuni.

  55. noorzaman sadeli said,

    September 30, 2008 at 5:40 am

    sukabumi tempat aku dibesarkan aku pernah sekolah smp sd sma disanah namun sudah 3 tahun ini aku tidak pernah singgah trims artikelnya mengingatkan masa remaja dahulu disini cintaku pertama bersemi

  56. Ade said,

    October 29, 2008 at 4:06 am

    Sukabumi, eta seeur makananna en peuyempuanana. hehe. kemaren lebaran 2008 kita ke Pondok Halimun, Selabintana, SUkabumi, asyik banget deh. Makan jagung dan ke sungainya, tapi cuma sebentar

  57. Heri said,

    October 31, 2008 at 8:36 am

    Nambahain : jangan lupa dengan Bubur Ayam Bunut nya & Nasi Kuning Gang Nugraha & Kupat Tahu Gang PGRI & Kupat Sayur Gang Cereme

  58. wandy said,

    March 24, 2009 at 2:32 am

    wah ngomongn skbm,pasti yg disbut pertama
    cwe2nya,bneur pisan cwe smi sdah terknalkpenjuru negri
    terkenalkarna gaeulis!di banding kota2 lain
    cw skbmi juaralah!

  59. one_d said,

    March 24, 2009 at 2:37 am

    bwt yg blm prnah k skbm
    cba dh datang
    di jamin betah!angkatan gw tuh
    2004/2005/2006/2007
    balatak pisan harim2 nu gareulis,unggal sakola
    palg,SMA1,SMA3,MY,SMATAMSIS,
    WAH KANGEEEEEEEEEEEEEEEEN!
    PA LG TAUN 2005 TIAP MALAM MINNGU
    SUKA ADA NBS NONGKRONGDI KANTOR POS,MA,SIS FANKKY MOBILE.

  60. March 31, 2009 at 11:48 am

    owh y gtu y bagus ath

  61. evi said,

    April 10, 2009 at 1:06 pm

    wah bener itu sukabumi dah rame banget, sy tinggal di Cilegon kalo mo ke cibadak sukabumi males tuh macetnya minta ampun deh, kapan mo dibikin jalan yang bebas hambatan, sekarang sy tinggal di Saudi ikut suami yang dapet kerjaan disana, renc liburan musim panas mo plang ke Indonesia dan mampir ke kota sukabumi yang bikin kangen baksonya ueeeennaaaakk tenan

  62. Noer said,

    December 23, 2011 at 6:33 am

    Ada mie goreng mang Angku…..wah terkenal banget tuh dulu….ga tau sekarang masih ada apa ga yaa….wah jadi kangen sukabumi kota kelahiranku….

  63. Bagja Wiadi said,

    October 5, 2015 at 12:47 pm

    sukabumi, memang ngangenin… mang ja’i di jaman saya masih jualan bubur… buburnya luar biasa enaknya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: