Teh Ati, Teh Wi, Wina &Me

Namaku Widya Tresna Utami, Kakaku yang kedua Tresnawati (panggilannya Teh Ati) dan yang ke 3 Tresna Dewi (Teh Wi) Adikku Wina Tresna Rahayu.  Temanku di FB kasih komen di salah satu foto keluargaku ‘wt, serius nih namanya pake tresna kabeh?‘ aku jawab ‘Serius atuh mbak piraku bohong, emang ada 4 tresna di keluargaku‘.

Yang asli panggilannya tresna ya si teteh, secara dia pemegang lisensi pertama, walaupun ada juga sih yang manggil dia wati (biar berawalan ‘W’ semua kali). Teh Wi yang kena sialnya,  namanya Tresnadewi, tapi karena panggilannya Wiwi akhirnya di ijazah tercantum ‘Wiwi Tresna Dewi’ apaboleh baud deh aktenya di ganti jadi Wiwi Tresna Dewi juga (kata bapakku ganti akte lbh gampang daripada ganti nama di ijazah). Kalau namaku sama wina sih asli (maklum produk udah 70-an udah modern dikit lha..).

Teh Ati orang yang tegas, sedikit galak and judes. Pernah masku (sebelum kami menikah), bertemu teteh di kawinan kang Wildan, dan bagaimana dia ? idiiih ampyun  deh, diem & cuek aja. Tapi ketika masku sudah resmi menjadi suamiku, uuuh si teteh bageur pisan sampai suamiku bilang ‘Teteh tuh ternyata baik banget ya, dulu judes banget lho‘ ya begitulah antiknya dia.

Teh Wi lain lagi, dia emang lebih ramah dan santai, dulu sedikit sensi sekarang lebih cueklah.  Saat dia pertama kenal internet,  mengerti fb daku harus siap terima telpon dan sms dari tetehku yang satu ini, untuk tahu cara buka alamat,  menjawab atau mengisi & menjawab komen2 dari teman-temannya yang kebanyakan dihiasi dengan tembang-tembang sunda. Baru-baru ini kita ngenet berjamaah di rumahku, uiiih aku & sepupuku disandera untuk nemenin dia ngebales tembang2 sundanya.  Atuh kita semua jadi melek bersama nemenin dia … teh wi2 … aya2 wae yah

Wina Tresna Rahayu yang ini adikku terkecil alias bungsu, usulan nama Wina datang dariku. Maklum anak kecil yang baru ngapal nama2 ibu kota negera ketika denger kata ‘Wina’ langsung aku bilang bapakku. ‘Pak,  adik kecilnya kasih nama Wina aja, kan awalannya ‘W’ juga’ terciptalah nama Wina Tresna Rahayu. Adik kecilku sekarang sudah punya anak kecil juga. Agustus 2007 Orang tuaku melepaskan anak bungsunya.

Wina itu sangat dekat denganku (secara kata orang dia mirip denganku). Setelah lulus kuliah dia bekerja sebagai wartawan di sebuah media ibukota,  bapak ibu menyarankan dia tinggal sama kakak pertamaku (pepatah orang tua,  adik perempuan sebaiknya tinggal di rumah kakak laki2). Ngak sampe satu bulan  setelah pindahan dia datang ke rumahku, awalnya ngobrol2 biasa aja, tapi lama2 dia nangis katanya dia mau tinggal di Pamulang aja (rumahku). Akhirnya tinggallah dia di rumahku. Yang lucu,  suaminya orang Kudus hihihihi kalau aku godain ‘Win, idola banget sih ma Teh Dia, sampai suami aja nyaingin orang Kudus juga’ dia pasti ngomel: ‘uuuuh sebel‘  kataya.

Widya Tresna Utami, kata orang ketika aku lahir, bapakku sedang menempuh pedidikan S1-nya. Dengan susah payah tentunya, maklum dengan 3 anak dan pekerjaan yang numpuk. Trus kata orang lagi ni, aku tuh emang paling cengeng diantara saudara2ku. Bahkan ketika Wina kecil (kira2 2 thn) yang sering kedengaran tetangga nangis justru aku yg saat itu sudah kelas 3 SD. Pernah ketika kami baru pertama pindah rumah (awalnya kami tinggal di Jl. A yani kemudian pindah ke Jl. Siliwangi), dan bersilaturahmi ke tetangga2, tetangga sebelahku (almarhumah ibu Parta) tanya ‘Anu sok nangis wae teh anu mana ?’ (yg suka nangis terus yang mana) semuanya ketawa dan nunjuk aku. Uiiih malu banget, dan rasanya semenjak saat itu frekwensi nangisku berkurang sampai akhirnya hilang sama sekali.

Saking terkenalnya, ketika aku nikah bibi2ku (adik ibu) ngeledek suamiku ‘Aduh Malhan ati-ati nikahin anak kecil’ (nga tahu mereka, ponakan kecilnya dah bisa bikin akan kecil juga hihihihi ….)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: